Sunday, February 10, 2013

Tingkah Polah Yero...

Aku bahas apa lagi ya buat selingan. Bahas Yero ajah yah dikit mau aku perkenalkan Yero. Kan dia udah sering disebut - sebut di blogku ini jadi ngerasa sedikit kurang ajah gitu kalo dia gak diperkenalkan secara resmi...

Let me introduce her...

Namanya Yero saat ini dia umurnya udah 11 bulan baru aja dia lahir 2 maret jadi bulan depan pas deh setahun...horaayyy. Gak kerasa lho memelihara dia udah hampir setahun aja. Jenis kelaminnya betina jenis persia medium. Walau pun aku awalnya gak suka jenis ini karena menurut aku kucingnya pemalas tapi Yero enggak kok malah kadang - kadang aku pikir dia beneran kucing ras persia bukan sih soalnya aktif banget suaranya juga kenceng banget kalo dicuekin. 

Hmmm...dia hobinya apa yah buanyak banget...selain makan dan minum yah dia paling suka tidur. Hal umum sih bagi kucing karena separuh hidupnya dihabiskan untuk tidur...hehehehe. Terkadang aku iri lho liat Yero enak banget bisa makan, minum trus tidur deh begitu tiap hari. Selain itu dia senang banget main hide n seek sering mancing aku untuk ngerjar dia trus dia sembunyi yang aku udah tahu tempatnya begitu ketahuan dia kabur lagi minta dikejar#baik buat jantung....xixixixi. 

Selain itu dia hobi nangkepin cicak beberapa kali aku temuin bangkai cicak lah, cicak yang sekarat karena dimainin ama dia...hehehehe. Cicak gak boleh yah dimakan ama kucing...B A H A Y A. 

Ah ya...aku punya julukan dia sebagai wanita licik karena dia banyak akalnya. Seperti ini misalnya pas aku atau keluargaku buka pintu dimana pun yang pastinya akses keluar rumah. Dia pura - pura gak peduli begitu aku lengah...pasang kaki seribu langsung melesat deh keluar dengan mulusnya dan ekornya yang mengembang karena saking senangnya bisa keluar dan mungkin berhasil mengecoh. Trik itu gak berhasil lagi karena aku selalu memperhatikan sebelumnya hal lainnya yang sering dia lakukan adalah sembunyi dibalik pintu gak gak bakal keliatan tuh dari pintu dan begitu kita masuk tanpan kita ketahui dia dengan mulus lagi bisa keluar rumah...hehehehe.

Hal lain yang membuat aku menjulukinya adalah dia suka menggaruk sofa nyokap...hehehe. Udah habis sih sisi - sisinya karena sering digarukin. Sifat kucing sih yah gak bakal sebentar bisa diajar beda dengan anjing yah. Dia pasti memperhatikan siapa pun sebelum dia mulai menggaruk sofa nyokap jika diperhatikan dia pasti pura - pura tidak peduli begitu lengah sekejap dia berhasil menggaruk sofa nyokap...hehehehe. Selain itu dia sedikit demi sedikit mencapai sofa itu tanpa ketahuan begitu ketahuan Yero akan lari terbirit - birit untuk bersembunyi menyelamatkan diri dari amukan....haadddeeehhh.

Hobi yang lainnya adalah mengejar bungkusan obat papa yang udah kosong. Sobekan obat di remas - remas kemudian dibuang entah kemana. Yero pasti mengejar gak peduli mau badan kepentok kek kepalanya juga kepentok. Diam sedikit kemudian kejar lagi ampe ngos - ngosan. Bola malah gak suka. Murah meriah dia mainannya...hehehe

Hal yang lainnya adalah mainan bulunya yang udah copot dari tangkainya. Itu pas aku beli sih masih utuh dengan tangkai - tangkainya. Sekarang tangkainya itu digunakan untuk maiannya yang lain dikasih pita yang agak panjang jadi deh mainan untuk tangkap - tangkapan. Balik lagi ke bola bulu kesayangan Yero, dia suka menggigit seperti menerkam kemudian dilempar dan dikejar lagi begitu terus sesekali dia mengeong.

Ahh... dia suka menghela napas kalo Yero tidak berhasil merebut mainan...hehehehe. Kedengar banget dia seperti itu dan dia duduk diam ekor bergoyang - goyang mencari cara bagaimana menangkap itu mainan. 

Jika dia udah capek dia berhenti menyingkir entah kemana...

Hmmm...dia juga paling sebel kalo aku mulai main dengan lapie seperti sekarang ini nih untungnya dia sedang tidur. Kalo dia tahu nih Yero pasti hilir mudik dibawah, mengeong memelas seperti minta makan padahal enggak lalu menggaruk - garuk celanaku seperti memohon ingin digendong padahal enggak juga....hehehehe. Kalo aku ladenin lapie mati aku kasih makan dia melengos pergi gak peduli...#kesel aku kalo digituin Yero.

Minta makan...dia minta makan pasti nyamperin aku walaupun masih ada makanan ditempatnya. Tatapannya beda aja kemudian seperti menelan ludah. Tidak sampai disitu aja, udah aku beri makanan tambahan nih makan sebentar begitu aku tinggalkan dia nyusul lagi dan gak mau makan harus aku temenin ampe dia selesai makan...itu hanya terjadi pada aku aja. Kalo nyokap atau bokap dia bisa makan sendiri...qiqiqiqiqi.

Banyak sih tingkah polahnya yang lain...nanti aku ceritain lagi yang lain ya...

See you....

Perawatan Kucing

Hai...hai...hai...hai...

Bagian ini yang sangat aku sukai ya karena kegiatan yang sangat menyenangkan dan aku sungguh menikmatinya. Mungkin jika orang yang sama sekali tidak mengerti tentang kesayangan ini hanya akan menganggap kita buang - buang waktu. Salah besar ini adalah hal yang sama sekali tidak membuang - buang waktu menurutku. Kenapa? Aku bisa mengisi hari - hariku yang datar hanya kerja dan pulang ke rumah begitu setiap harinya. Tapi dengan saat - saat aku merawat kucingku...uuhhh waktu sungguh cepat berlalu dan menjadi sangat...sangat tidak membosankan.

Kalian boleh percaya dan boleh juga tidak dengan pemikiranku ini tapi inilah yang sesungguhnya aku rasakan. Huaahh...karena aku kerjanya dari hari senin sampai sabtu..bisa dibilang selama aku dikantor selalu kepikiran dengan Yero..Yero sedang ngapain yah dirumah atau setelah pulang aku selalu menanyakan kabar Yero ngapain aja seharian dirumah. Atau disela - sela kerjaan yang menjemukan aku berbagi cerita dengan teman - temanku tentang tingkah polah Yero...qiqiqiqiq.

Sedikit oot yah dari maksudku...maaf deh terlalu bersemangat masalahnya berbagi pengalaman...

Okey..kita mulai deh ya...

1. Harus dipastikan makanan dan minumannya harus selalu tersedia.

Untuk minumannya JANGAN SEKALI - KALI MEMBERIKAN AIR MENTAH walaupun itu hal yang biasa dilakukan oleh kucing liar tapi ini masalahnya beda. Kucing liar itu pencernaannya lebih kuat dari pada kucing rumahan. Bayangkan kucing liar sudah memakan berbagai jenis makanan mulai tikus, sampah dan makanan manusia sementara kucing rumahan sudah terbiasa dengan makanan yang bersih dan air yang bersih. Jadi kamu tidak ingin dong kucing kamu sakit.
Sedangkan makanannya kamu bisa melakukan free feeding maksudnya disini kamu meletakan makanan secukupnya didalam pet bowls jadi dia bisa menemukan makanannya kapanpun dia terasa lapar. Oh ya metode free feeding ini hanya berlaku dalam bentuk kibles ya paling hanya melempem aja dikit. Untuk raw food dan wet food jangan dibiarkan terlalu lama dibiarkan diluar karena akan menjadi media bakteri berkumpul disana. Aku tidak pernah membiarkan berlama - lama wet food Yero paling lama hanya 30 menit itu pun sudah terlalu lama menurutku...:)

PET BOWLS nya juga harus dalam keadaan bersih kamu bisa mencucinya setiap hari tentunya dengan sabun. Aku memberikan sedikit tips untuk kamu, kalau kamu memberikan metode free feeding untuk kucing kamu coba perhatikan beberapa menit aja terletak biasanya akan diserang oleh semut - semut nakal dan hal itu akan membuat kucing kamu malas untuk makan itu lagi. Kalau aku biasanya memberikan wadah satu lagi yang besar dari pet bowlsnya sendiri lalu diberi air sedikit untuk menghalangi gempuran semut - semut. Cukup efektif menurutku.

2. Litter Box

Ini menjadi hal yang sangat penting dalam perawatan kucing. Litter box itu kan tempat pip n pup kucing kesayanganku. Jadi istilahnya toiltenya kucing...hehehehe. Disana juga tempat berkumpulnya bakteri yang aku gak tahu apaan itu dan aku juga tidak ingin membayangkannya...euy. Setiap kucing kesayangan kamu pip n pup harus kamu angkat simpan didalam plastik lalu dibuang ke tong sampah ya. Jangan kamu buang kehalaman tetangga atau halaman kamu sendiri dalam keadaan terbuka. Kalau kucing kamu terinfeksi virus tokso, pup kucing menjadi salah satu media penyebaran virus ini. Oh iya...jangan kamu biarkan pup n pip kucing kamu lebih dari 24 jam setelah kucing kamu pup n pip.

Cat liiternya kamu ganti sebulan sekali dengan cat litter yang bersih. Aku bukannya tidak mendukung mencuci cat litter yang kamu punya tapi aku sedikit kurang setuju dengan hal itu selain repot pastinya aku juga belum tahu apakah bakteri bekas cat litter yang lama itu benar - benar hilang. Itu kembali ke pilihan kamu lagi.

Pembersihan litter box ini yang biasa aku lakukan adalah sekali seminggu aku mencucinya yang sebelumnya aku rendam dengan bayclin...tahu bayclin kan ya...itu lho yang buat pemutih pakaian lalu sore harinya aku mencucinya menggunakan sabun dan menjemurnya. Kalau aku gak menjemur sih yah lebih tepatnya karena aku suka mengelap kering menggunakan kanebo. Buat lap mobil itu lho yang daya serapnya oke banget

Cara membersihkan litter box itu gampang banget kalo ingin dibawa gampang sih...:)
Yang biasa aku lakukan untuk membersihkan litter boxnya yang pasti nih yah setiap Yero pip atau pup aku ambil n aku masukan ke dalam plastik. Setelah itu kamu harus persiapkan item - item yang  perlu :
1. Tisu 
2. Spray...yang biasa digunakan untuk nyiram tanaman
3. Bayclin
4. Air secukupnya.

Caranya :
Bayclin kamu masukan secukupnya ke dalam spray lalu dicampur dengan air. Kamu kocok - kocok sebentar dan udah jadi deh air disinfektannya...^^. Kamu spray aja sedikit ke litter boxnya dengan catatan pasirnya udah kamu geser ke sisi yang satunya lalu kamu ambil tisu secukupnya. Kamu lapin deh air disfektan yang ada di litter box kamu. Begitu juga disisi yang sebaliknya. 
Ini biasa aku lakukan sehari - hari dan seminggu kemudian aku ganti dengan yang litter box yang udah bersih.

Caranya hampir sama kok hanya beda sedikit aja. Cat litternya kamu masukan ke litter box yang satu lagi (yang bersih) sedangkan yang udah kepake seminggu ini kamu cuci. Dengan bayclin kamu rendam sebentar lalu kamu cuci pake sabun dan bilas ampe bersih kemudian dijemur deh ampe kering. 

Mudahkan....:))

Cat Litternya kamu bisa ganti sebulan sekali atau seminggu sekali. Aah..terkadang cat litternya aku jemur pas 12 siang teng - teng supaya kuman - kuman yang ada di cat litternya pada mati. Dilakukannya pas hari terik ya jangan pas mendung yang ada makin subur deh kuman - kumannya.

3. Kandang

Ini juga harus kamu perhatikan kalau kamu memiliki kandang khusus untuk kucing kamu. Aku sendiri juga mempunyai kandang yang sedang untuk Yero. Aku menggunakan kandang itu saat aku ingin menjemurnya atau memberikan hukuman karena Yero nakal.

Kandang ini harus bersih juga karena kita tidak tahu apa aja yang menempel disana. Bisa jadi telur kutu kalau kucing kamu terinfeksi kutu atau bakteri - bakteri...hiiii.

Sekitar tempat perlengkapan kucing kamu harus bersih juga ya. Kucing itu menurut aku adalah makhluk yang suka dengan kebersihan. Yero ampe beberapa kali dia mandi jilatin bulunya ampe aku bingung kadang - kadang apa aja yang sering buat dia jilat - jilat. Tapi seneng sih liatnya Yero tetep bersih....hooorrraayyy.

Untuk perawatan kucing kamu...

1. Bisa kamu mulai dengan menjemur tiap pagi kucing kamu sekitar 5 - 10 menit aja jangan lama - lama ya karena kucing itu tidak menghasilkan kelenjar keringat jadi dia tidak bisa mengeluarkan panas ditubuhnya. Sekitar jam 6.30 - 7.30 pagi. Gunanya untuk menyegarkan bulu - bulu kucing kamu, menyingkirkan jamur yang suka muncul tanpa diundang, dan yang paling penting kesehatan kucing kamu juga. Untuk kamu juga bisa karena mendapatkan sinar matahari pagi itung - itung nemenin kucing kamu juga.

2. Check up rutin kesehatan kucing kamu. Bisa kamu perhatiin manual yang bisa kamu tangkap dengan mata kamu. Misalnya gini kalo kucing kamu yang sangat aktif, ceria dan periang tiba - tiba menjadi murung n tidak bergairah bisa jadi kucing kamu sakit. Kamu dianjurkan untuk membawa kucing kamu ke vet secepatnya. 

3. Vaksinasi

Ini penting banget lho untuk kucing kamu. Kamu gak inginkan kucing kesayangan kamu tiba - tiba sakit dan mungkin penyakitnya itu yang belum ada obatnya ampe sekarang. Saat pertama kali adopsi kucing kamu yang pertama harus kamu lakukan adalah bawa ke vet untuk mengetahui kondisi kucing kamu. 

Syukur - syukur kucing kamu sudah mendapatkan vaksinasi pertama dari breedernya. Jadi kamu tinggal nerusin deh suntikan kedua dan ketiganya. Vaksinasi ini berguna untuk mencegah penyakit - penyakit yang bisa membahayakan kucing kamu dan untuk kesehatan kita juga.

Vaksinasi yang aku lakukan adalah 3 bulan usia Yero karena breedernya mengatakan kalau Yero belum pernah disuntik vaksin. Hal pertama yang aku lakukan adalah bawa ke pet shop untuk di mandikan dan digrooming karena sedikit susah untuk bertemu dengan Vetnya hari aku adopsi aku mundurin beberapa hari. 

Sejak aku melakukan vaksin, Yero terkadang suka bersin - bersin tapi tidak menyebabkan flu. Kalo pun dia deman masih tetep aktif. Alhamdulillah ampe sekarang, Yero belum terkena penyakit yang berbahaya. 

3. Mandi

Jangan dikira walaupun mereka suka mandi sendiri dan jangan dipikir kalo kucing itu tidak butuh mandi layaknya manusia. Mereka mandi juga lho walau ala kadarnya karena mereka hanya menjilat - jilat bagian luar bulu mereka.

This is the part i love...malah gak sabar untuk nunggu minggu berikut untuk memandikan Yero. Waktu itu aku belum berani untuk memandikan Yero dan aku bawa ke pet shop 2xseminggu. Pulang - pulang harum banget dan bulunya lembut serta kukunya juga udah dipotong. Tapi sekarang ini aku lebih prefer untuk memandikan Yero dirumah. Untuk mendekatkan diri ke Yero. 
Nanti aku bahas bagaimana memandikan kucing....^^

4. 1 x 3bulan aku memberikan Yero obat cacing. 

Ini membunuh cacing - cacing yang sangat tidak sopan mengambil makanan didalam usus Yero...^^. Kamu gak mau kan kalo kucing kamu banyak makan tapi makanannya itu tidak menjadi daging untuk kucing kamu melainkan cacing yang semakin gemuk sedangkan kucing kamu kurus hanya perutnya saja yang buncit. Perut buncit itu tidak berarti bagus lho patut kamu waspadai banyak makan tapi badan kucing kamu ringan tidak sesuai berat badan dengan umurnya.

Itu perawatan umum yang biasa aku lakukan biasa aku lakukan. Gak ribet, gak susah juga. Jadi ribet dan susah kalo kamu pikir melakukan semua yang aku tulis diatas itu ribet dan susah. Coba kamu pikirkan hal yang sebaliknya, kamu pasti tidak sabar untuk melakukan hal itu lagi dan lagi. Seperti yang aku rasakan. Aku sangat memperhatikan kondisi Yero memperhatikan apa yang harus dia makan dan apa yang tidak boleh dimakan. 

Kata bonyok sih kamu kelewatan banget kalo soal Yero. Semuanya gak boleh. Lah gini, kucing gak bisa ngomong kalo dia sedang sakit mereka hanya bisa miaw atau diam. Aku gak ngerti dia ngomong apa daripada dia beneran sakit mending aku yang ekstra ketat apa yang harus dia makan.

Dibawa have fun semuanya akan jadi menyenangkan...^^

Selamat mencoba...cat lovers



Friday, February 8, 2013

Apa yang harus dilakukan saat ingin adopsi kucing?

Sesuai dengan yang aku janjikan kemarin, aku akan membahas apa aja yang harus dilakukan saat kita ingin memelihara seekor kucing. Mau itu kucing kampung atau kucing ras. Namanya tetep aja kucing kan....:)). Jadi kita gak buta - buta amat dalam merawat dan memelihara kucing. Saat ini aku pun masih dalam tahap belajar dalam merawat dan memelira Yero#nama kucingku^^ karena setiap hari kita akan mendapatkan hal yang berbeda - beda dari tingkah kucing kita.

Aku berharap dapat membantu kalian yang ingin memelihara seekor kucing.....o ya aku membuat ini berdasarkan pengalamanku dalam hal pertama kali aku memelihara Yero....okey kita mulai aja sekarang....

1. YANG PALING PENTING ADALAH KITA SENDIRI MENYUKAI KUCING ATAU GAK...
     Kenapa hal ini penting buat aku atau kalian? Karena jika kita memang menyukai kucing dari dalam hati kita bukan hanya karena ikut - ikutan teman yang memelihara kucing atau menjadi sebuah trend dalam memelihara seekor kucing misalnya kucing ras, kita akan sungguh - sungguh merawat kucing kita itu dan bisa dibilang sedikit tidak peduli dengan resiko yang akan dihadapi dalam memelihara kucing. Kalau aku sendiri, bisa dibilang apa - apa aku memikirkan Yero apa yang terbaik selalu aku dahulukan untuk Yero...#ini beneran lho....::) sampai - sampai kena marah ama bonyok tapi aku tetep cinta dengan Yero....eeaaa.....

2. SETELAH DIRI KITA TENTU ORANG - ORANG TERDEKAT KITA PALING PENTING KELUARGA....
Ini juga sama pentingnya dengan diri kita juga kalau keluarga kita memang penyuka binatang terutama kucing ya sudahlah tidak perlu memikirkan apa - apa lagi. Tapi yang sedikit sulit adalah jika keluarga kita sama sekali tidak ada yang menyukai kucing jadi perlu usaha keras untuk membujuk keluarga terutama bonyok meyakinkan bahwa memelihra kucing itu sungguh menyenangkan dan kamu juga bisa memberikan sebuah perjanjian dengan keluarga kalian. 
Aku berikan lagi nih pengalaman aku, seperti yang aku ceritakan sedikit di pengalaman aku memelihara Yero... aku membeli tanpa persetujuan bonyok tapi alhamdulillah keluargaku memang penyayang binatang, bokap waktu kecil dulu pernah memelihara kucing, nyokap bisa dibilang memang menyukai kucing, abang dan adik sangat penyuka hewan peliharaan salah satunya kucing. Aku pernah bilang ke bokap mau pelihara kucing dan bokap bilang boleh aja tapi jangan ngerepotin papa. Aku jawab okey gak akan bikin repot. Tapi kenyataannya aku sangat suka merepotkan papaku....qiqiqiqiqi. Selain itu aku juga lebih sering mengepel rumah untuk membuat nyaman keluargaku, aku dan Yero. Malah bisa dibilang, kalau kami lebih sering membahas Yero untuk membangkitkan suasana dan keakraban keluarga.

3. CARI INFORMASI YANG TERBAIK BISA KAMU DAPATKAN DALAM MEMELIHARA KUCING

Kamu bisa bertanya pada temen", saudara, tetangga untuk lebih tahu bagaimana memelihara dan merawat kucing yang baik. Selain itu kamu juga bisa ikut bergabung dengan forum pecinta binatang yang tinggal kamu googling, mencari panduan di website yang banyak banget kamu bisa dapatkan, media you tube...
Ini sangat membantu untuk kamu yang benar - benar buta dalam memelihara kucing sedikit banyak kamu tahu apa yang harus kamu lakukan untuk pertama kalinya.

4. BUDGET YANG CUKUP UNTUK MEMBELI PERLENGKAPAN KUCING.

Setelah kamu mendapatkan dukungan keluarga, ilmu yang cukup kamu juga tidak boleh melupakan budget yang harus kamu persiapkan dalam membeli peratalan yang pertama kali harus kamu siapkan. Jangan sampai kamu sudah membeli kucing tapi peralatan yang terpenting kamu lupakan..
Setelah kamu perhitungkan apa aja yang harus kamu beli kamu bisa mulai mensurvei harga yang paling murah sampai yang paling mahal tentu dengan kelemahan dan kelebihannya.
Yang harus kamu persiapan perlengkapannya :
1. Litter box
Ini salah satu contoh litter boxnya 

Ini hal yang sangat penting menurut aku dan jangan sampai dilupakan. Kecuali kucing kamu memang sudah dilatih sebelumnya untuk membuat pup n pipnya di toilet manusia, lain halnya kalau kucing kamu terbiasa menggunakan litter box. Dan kalau kamu sampai lupa, kucing kamu bingung mau membuang pip n pupnya dimana. Kalau terdesak dia akan mencari tempat yang paling pas menurutnya atau bisa dimenahan pip n pupnya sebelum dia mendapatkan litter box.
Litter box ini biasanya harus sesuai dengan jumlah kucing tapi dilebihkan 1 litter box sebagai cadangan seperti ini 1 kucing dengan 1 litter box + 1 litter box = 2 litter box.

2. Pasir

Cat Litter

Ini berguna untuk menutupi pip n pup kucing kamu. Ada berbagai jenis cat litter yang tersedia di pasaran kamu tinggal memilih yang sesuai menurut kamu. Jenis - jenis cat litter :
a. Bentonite : cat litter ini akan menggumpal saat kucing pip n pup. Ini cat litter yang sekali pakai dan aku lebih suka memakai jenis cat litter ini karena lebih bersih dan tidak repot untuk mencuci ulang lagi.
b. Zeolite : ini juga salah satu cat litter yang paling banyak digunakan karena bisa dicuci ulang.
c. Batu : ini batu yang sudah dikhususkan untuk pup n pip kucing memang benar - benar terbuat dari batu tapi lebih halus dan tidak akan melukai paw kucing kita. Ini bisa dibilang ekonomis juga karena kamu bisa cuci ulang dan memakainya lagi kekurangannya dia tidak bisa menyerap bau seperti cat litter bentonite.
3. Chrystal : ini jangan kamu bayangkan seperti chrystal yang mejeng ditoko perhiasan atau perhiasan kita...hehehehe. Ini juga dikhususkan untuk pup n pip kucing kita. Aku sendiri belum pernah pake sih jadi gak tahu apakah ini efektif atau enggak.

Cat litter ini ada yang dijual dalam beberapa ukurang litter ada yang pake plastik atau jerigen kayak minyak tanah bimoli. Yang aku banyak temuin ukuran yang paling kecil adalah ukuran 5 litter dan ukurang yang pake sekarang 12 litter karena menurut aku lebih murah jatuhnya memakai ukuran yang 12 litter, 

3. Serokan

Serokan pip n pup

Ini elemen ketiga yang penting juga dan tidak boleh ketinggalan juga saat kamu membeli perlengkapan. Biasanya sih pasti beli barengan ltter box, cat litter ama serokan. Serokan ini berguna saat kamu akan menyaring pup n pip kucing aku biasanya satu litter box satu serokan.

4. Makanan Khusus Kucing

Kamu juga harus memikirkan makanan yang terbaik untuk kucing kamu jadi bukan hanya litter box, serokan, cat litter. Makanan juga menjadi hal yang penting dan hak yang harus didapatkan oleh kucing kamu dan kewajiban bagi kamu juga. Sebelum kamu membeli makanan kucing yang oke buat kucing kamu, kamu bisa memulai mencari info dari berbagai jenis makanan yang ada dipasaran makanan apa yang bagus dan baik untuk kucing kamu. Kamu juga bisa bertanya pada breeder, kucing yang hendak kamu pelihara ini biasanya memakan cat food merek apa jadi kamu hanya tinggal meneruskan makanan calon kucing kamu. 

Selain cat food dalam bentuk kibles, ada juga owner kucing yang senang mengasih kucingnya raw food. Raw food adalah makanan yang benar - benar mentah tanpa dikukus atau dimasak karena itu sesuai dengan sifat nature mereka. Ada juga wet food yang juga ada dijual dipasaran. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan wet food ini di pet shop". Aku sendiri masih memberi makan kucing dengan dry food dan terkadang wet food sedangkan raw food aku sama sekali belum mencobanya.

Hmmm.... kalo kamu berencana untuk mengganti makanan kucing kamu dengan berbagai pertimbangan kamu tidak bisa asal menggantinya karena hal itu akan berdampak kurang baik bagi pencernaan kucing kamu. Kamu tidak inginkan kucing kesayangan kamu jatuh sakit. Kamu harus memberikan makanan yang akan kamu ganti sedikit demi sedikit dan dicampur dengan makanan lama kucing kamu. 

Hari 1 & 2
Hari 3 & 4


30 % makanan baru dicampur merata dengan 70 % makanan lama




makanan baru 50 % makanan lama 50 %
Hari 5 & 6
Hari 7
70 % makanan baru, 30 % makanan lama
100 % makanan baru





Panduan di atas bukanlah patokan mutlak. Pergantian makanan bisa dipercepat bila Konsistensi feces tidak berubah/tidak mencret.

Kucing yang terbiasa dengan makanan yang bervariasi biasanya tidak bermasalah dengan perubahan makanan secara tiba-tiba.

Pada beberapa kucing dengan saluran pencernaan yang sensitif, pergantian makanan dilakukan dalam waktu yang lebih lama. Proporsi makanan baru pun bisa dinaikan sedikit demi sedikit agar flora usus kucing dapat menyesuaikan dengan makakan baru. (sumber : kucingkita.com)

5. Pet Bowls


pet bowls (sumber : http://www.thegreenhead.com)

Ini juga jangan sampai ketinggalan saat kamu pergi membeli perlengkapan kucing. Ini tidak harus beli sih kalo nyokap kamu terutama ya merelakan dua mangkuk kesayangannya disumbangkan untuk anggota baru dikeluarga...qiqiqiqiqi.
Jangan lupa kalo kamu juga harus sering - sering membersihkan tempat makan kucing kamu untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan. 

6. Kandang

Itu tambahan aja menurutku sih karena ini tidak terlalu mendesak saat kamu sedang memkirkan perlengkapan apa aja yang harus kamu beli nantinya. Kandang ini berguna saat kamu ingin menjemur kucing kamu, saat ingin beres - beres rumah, kedatangan tamu, dll. Ada yang ukurangnya kecil ampe yang besar. Oh ya...kamu tidak harus beli sih kandang yang dijual di pet shop" kamu bisa membuatnya sendiri jika kamu lebih ingin melakukannya. 


Contoh kandang (sumber : http://image.made-in-china.com)

Itu yang aku lakukan pertama kali ingin adopsi kucing pengalaman yang menyenangkan dan aku gak sabar untuk segera adopsi kucing.  Untuk yang lain - lainnya kamu bisa mencicilnya seperti mainan untuk kucing kamu. 

Ada satu quote yang sangat aku sukai "PIKIRKAN SEBELUM KAMU ADOPSI HEWAN KARENA ITU ADALAH KOMITMEN SEUMUR HIDUP". Yup aku setuju banget dengan quote ini menurutku jika memang ingin mengadopsi seekor hewan kita harus benar - benar memelihara, merawat, menyayangi mereka karena mereka bukan hanya sebagai hewan peliharaan yang hanya kita sayangi saat kita sukai dan akan ditelantarkan jika kita tidak menyukai mereka lagi. Coba kamu bayangkan kalau itu posisi kamu tiba - tiba orang tua yang menyayangi kamu entah kenapa sebabnya mereka tidak memperdulikan kamu lagi. 

Disini aku gak bermaksud menggurui sih hanya ingin berbagi pengalaman aja. Siapa tahu kalian juga mempunyai pengalaman yang menyenangkan saat memelihara kucing kamu kita bisa saling berbagi dan menambah pengetahuan...^^.









Wednesday, February 6, 2013

Pengalaman pertama memelihara Yero

Aku suka kucing sejak aku kecil...diam - diam aku suka memasukkan kucing liar ke dalam kamar malah sengaja membuka jendela lebar - lebar  untuk membiarkan kucing itu masuk...hahahaha. Orang tuaku pernah membiarkan aku memelihara anak kucing untuk pertama kalinya tapi sayang karena aku masih kecil dan pengetahuan tentang memelihara kucing yang baik dan benar masih sangat...sangat...sangat minim jadi akhirnya kucing itu dielepaskan kembali. Oh ya....anak kucing itu dilepaskan karena dia pup didalam kotak mainan adikku....:)).

Sejak saat itu aku hanya bisa memelihara kucing diluar rumah...mulai dari kucing liar yang galak berhasil aku jinakkan...#bangga pastinya dong. Itu butuh sebulan kalo gak salah ingat untuk menjinakkannya... pake cara ikan kering yang diiket pake benang terus ditarik pelan - pelan ampe kucing itu keluar...#senyum - senyum pas nulis sambil membayangkan saat itu.

Yang lainnya kucing liar yang datang sendiri duduk dipangkuanku saat aku duduk diteras rumah. Papa melotot karena aku membiarkan kucing itu duduk dipangkuanku dan aku sukarela membiarkan kucing itu duduk nyaman dipangkuanku. Aku memutuskan untuk memelihara kucing itu dan belum aku kasih nama karna gak kepikiran juga sih. Masih inget banget itu kucing calico#belang tiga. Belum hamil tahu - tahu dia hamil entah siapa suaminya. Yang paling berkesan adalah aku membantu persalaninannya ampe selesai. Seingatku itu adalah hari minggu pagi dan adikku membangunkanku. "kak kucing kakak mau melahirkan deh kayaknya" langsung seger buger mencari kucing yang ternyata sudah diberi kardus oleh saudara - saudaraku plus dengan kain bekas. Singkatnya tuh kucing melahirkan empat anak kucing yang imut - imut banget. Aku selalu memantaiu perkembangannya....tapi sayang satu anaknya mati:((.

Untuk sekian tahun aku gak pernah bisa memelihara kucing karena gak punya duit kedua dilarang kucing ketiga selalu ditakut - takuti nanti kamu gak bisa hamil lho kalo pelihara kucing. Masih lugu ya percaya aja deh tapi lebih tepatnya aku pasrah aja, Tapi dalam pikiran dan hati masih terus ingin memelihara kucing.

Eng ing eng..tepat ditahun 2011 bulan juli akhir aku memelihara MY BELOVED CAT...THE NAME IS YERO. Ini aku dikasih tahu oleh tetanggaku yang kebetulan punya kenalan yang akan menjual kucing. Hari itu juga dan malam itu juga aku meluncur ke sana untuk melihat kucing - kucingnya... dan dia lah yang aku pilih untuk menjadi kucingku...

Ini dia si centil,manja dan super cute...^^

Besoknya tanpa sepengetahuan orang tuaku aku menyetujui harga yang ditentukan oleh mereka. Dan mamaku khususnya kok mau beli kucingnya segitu pilih kurang aja. Setelah nego ternyata gak bisa keburu fall in love dengan Yero. Aku gak mau nego panjang lebar yang peting aku udah kesampaian cita - citaku pelihara kucing.

Aku memilih - milih nama yang akan aku berikan dia karena aku lihat warnanya kucing padahal red tabby...aku kasih nama Yero plesetan dari yellow. Mamaku bilang,"kok namanya jelek banget sih. kasih nama lady gaga aja. kan keren tuh."#haaadeehhh nyokap jaman sekarang gaul yah...aku bersikeras namanya Yero...

Sebelum aku memelihara dia aku cari - cari info apa aja yang harus aku lakukan pertama kali aku pelihara kucing karena aku gak ingin dianggap gak serius memelihara kucing dan hanya sebentar doang semangatnya. Nanti akan aku bahas apa aja yang harus dilakukan saat pertama kali memelihara kucing.

Pengalaman ini masih berlanjut sampai sekarang dan selalu ada kejutan yang menyenangkan saat memelihara Yero karena dia salah satu THE BEST THING I EVER HAD....

Greeting

Ini pertama kalinya aku menulis blog...hehehe...sebenarnya udah lama sih daftar di blogspot.com tapi baru kali ini ingin ikut menulis...menuangkan apa yang ada dipikiran:) Suka nulis bukan lebih tepatnya suka mengetik karena aku suka mendengar bunyi keyboard pada saat aku mengetik. Dulu bahkan pernah membantu teman mengetik hanya untuk mendengar bunyi keyboard...#hanya sekali itu aja sih....

Tujuannya aku membuat blog ini...
1. Alasan yang pertama suka mendengar bunyi keyboard
2. Ingin membagi pengalaman dalam hal apa aja
3. Ingin menuangkan apa yang ada didalam pikiran...
4. Intinya suka mengetik aja...hehehehe

Jadi yah seperti itu lah...**

Salam kenal.....