Friday, May 13, 2016

Grooming Your Cat Part 1 : Potong Kuku dan Membersihkan Telinga


Hallo...

Apa kabar para cat lovers? Perkenalkan namanya adalah Misty. Salah satu kucing aku yang 'agak bersedia' menjadi model untuk materi blog kali ini...hehehe.
Berjenis kelamin betina dengan status masih single. Berkepribadian pendiam dan tingkah lakunya tenang. Dia jarang terdengar mengeong seperti saudara - saudaranya yang lain. Mungkin diam itu adalah emas, prinsipnya.
Yang aku suka dari Misty adalah mata yang besar seperti burung hantu dan bulunya yang dengan warna yang unik. Sesuai dengan namanya ya...^^.

Baiklah itu, hanya perkenalan singkat dengan salah satu kucingku. Seperti yang pernah aku janjikan didalam Perawatan Kucing, aku akan membahas cara memandikan kucing menurut pengalamanku. Tetapi sebelum kita lanjut memandikan kucing ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebelumnya. 

Dan kita mulai saja sekarang :
1. Persiapkan alat - alat yang dibutuhkan untuk membersikah telinga dan memotong kuku.
Peralatan Pembersihan Awal
Seperti yang bisa dilihat digambar, kalian perlu mempersiapkan :
  • Masker untuk kamu pakai
  • Gunting kuku
  • Pembersih telinga, bisa menggunakan baby oil atau pembersih telinga khusus telinga. Aku menggunakan dua pembersih yaitu pembersih telinga khusus kucing yang gunakan untuk memlembutkan kotoran telinga kucing yang keras dan baby oil untuk membersihkan daun telinga kucing sekitarnya.
  • Bedak tabur, berguna untuk menyerap minyak dari pembersih telinga. Terserah mau menggunakan bedak tabur apa tapi menurutku yang aman adalah bedak tabur khusus kucing. Tetapi karena berhubung aku tidak punya sehingga aku menggunakan bedak tabur khusus bayi
  • Kapas, berguna untuk membersihkan daun telinga dan sekitarnya
  • Cotton bud, yang berukuran kecil untuk telinga bayi. Aku punya tips untuk kalian yang tidak punya cotton bud berukuran kecil. Bagi kalian yang suka crocheting pasti mengenal jarum yang satu ini kan. Kalian bisa menggunakannya untuk membersihkan telinga kucing kesayang kalian.
    • Caranya begini. Ambil kapas sedikit dan gulung - gulungkan kebagian kepala pengait jarum. Pastikan ujung jarum itu sudah tertutup sempurna oleh kapas. Jangan sampai kucing kesayangan kamu kesakitan
  • Gunting, untuk merapikan bulu - bulu ditelapak kaki
  • Sisir khusus kucing, untuk menyisir bulu - bulu yang rontok
2. Kuku
Kuku Kucing
Ini yang agak sedikit perlu perjuangan ya. Memotong kuku kucing kesayangan kamu. Bersyukurlah, kamu jika kucing kamu tidak rewel saat kukunya dipotong. Misty ini terkadang rewel terkadang tidak#haaddeehhh.
Kamu pasti tidak maukan saat kalian sedang memandikan kucing pertama kali tidak ingin terjadi pertumpahan darah...qiqiqi. Jadi dengan memotong kuku ini, bisa meminalkan pertumbahan darah.
Pertama - pertama tekan pelan - pelan telapak kaki kucing kamu, yang ada bantalan dimasing - masing kuku. Jangan keras - keras nanti kucing kamu bisa kesakitan. Cukup ditekan sampai kukunya keluar. Kamu bisa melihat batasan antara lengkungan kuku dan kulit pelindung kuku yang disebut quick A.
Kamu harus ekstrak hati - hati saat memotong kuku jangan sampai quick A ini ikut terpotong karena bisa menyebabkan pendarahan dan trauma bagi kucing kamu. 
Kamu cukup memotong kuku kucing kami pas diperbatasan lengkungan kuku.
Saran aku, jika kamu tidak yakin atau tidak percaya diri kamu bisa meminta tolong pet shop untuk memotong kuku dan melihat cara mereka bagaimana memotong kuku.
Aku pertama kali memelihara kucing, juga melakukan semuanya ke petshop. Tetapi tidak mungkin aku terus menerus ke pet shop hanya untuk memotong kuku. Akhirnya aku bertanya pada pegawai yang ada disana bagaimana memotong kuku...#maaf curcol pengalaman ya...
Lakukan pemotongan kuku ini kepada dua kaki depan. Terserah kamu jika mau memotongnya juga dikaki bagian belakang. Aku tidak pernah melakukannya karena 1) Kucingku super sensitif dengan yang namanya kaki, 2) jika kucingku menggaruk telinganya yang gatal bisa menyebabkan luka karena kuku yang telah dipotong tajam...#curcol lagi.

3. Telinga
Membersihkan telinga aku juga membutuhkan perjuangan...huaahh. Misty selain sensitif dengan kaki, dia juga sensitif dengan telinganya.
Telinga Misty Kotor

Kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk menjaga kucing kamu kabur - kaburan seperti Misty. Dia selalu kabur - kaburan...hiks. 
Membersihkan telinga kucing yang memiliki kotoran telinga yang menumpuk bisa sangat membutuhkan tenaga. oleh karena itu, kamu butuh pembersih telinga untuk membuat kotoran telinganya menjadi lunak sehingga mudah untuk dibersihkan.
Aku meneteskan pembersih telinga khusus untuk kucing (formulanya lebih kental dari baby oil) setelah itu kamu pijat pelan - pelan telinga kucing kamu. Dengan memijat - mijat telinga kucing kamu membuat semua minyaknya metasa keseluruh bagian telinga dan melunakkan kotoran telinga kucing kamu. Setelah semua minyak merata, kamu bisa memulai membersihkan kotoran telinga kucing kamu bisa menggunakan cotton bud atau seperti yang aku saran seperti tadi.
Lakukan hal yang sama pada kuping yang lainnya.


Telinga sebelum dan sesudah dibersihkan
Aku aja seneng melihat telinga dalam kucingku bersih, kalo kamu?

4. Bedak (optional)
Ini hanya pilihan mau dilakukan atau enggak. Aku sebelumnya tidak pernah melakukan hal ini karena tidak pernah terpikirkan oleh ku. Aku melihat salah satu tayangan infotainment yang membahas Amel Carla yang sedang menggrooming kucingnya di pet sho dan Amel Carla bertanya, "kenapa harus dibedakin telinganya?". aku pun penasaran ampe gak jadi pergi dari kamar...hehehe. "Untuk menyerap minyak - minyak dari pembersih telinga yang tadi,"jawab pegawai pet shop menjelaskan.
Terima kasih untuk Amel Carla yang diliput oleh infotainmet. Pertanyaanmu sangat berguna untukku...#tulus dari dalam hatiku(^^)
Sejak saat itu, aku bisa mulai melakukannya. Dan selain wangi...#ya...iyalah, menggunkan bedak tabur bayi...qiqiqi.
Kamu bisa menaburkannya langsung ketelinga kucing kamu jika kamu yakin bedak itu tidak akan membuat telinga bagian dalam kucing kamu tidak nyaman.
Aku lebih suka menaburkannya dulu ke telapak tangan baru di tepuk - tepuk ke telinga Misty. 

  • Taburkan sedikit bedak tabur ke telapak tangan kemudan ambil kapas. Tepuk - tepuk kapas itu ke bedak yang ada ditangan lalu baru kamu tepuk - tepuk ke telinga kucing kamu.
Jika kamu sulit membayangkannya, bayangkan saja kamu sedang memakai bedak tabur di wajah kamu menggunakan sponge....#yang paham tunjuk tangan ^^
Telinga Kiri yang dibedakin, Telinga Kanan yang tidak
Mungkin kamu sulit melihat perbedaannya dari gambar. Telinga kiri yang dibedakin tidak terlalu mengkilat dibandingkan yang kanan.

4. Potong Bulu di telapak kaki
Kamu pernah memeriksa jika kucing kamu berlari dikeramik? Seperti meluncur diatas es. Itu disebabkan oleh telapak kaki kucing kamu di tutupi oleh bulu - bulu yang tumbuh diantara sela - sela telapak kaki.
Perpedaan Telapak Kaki Belum dan sudah dirapikan.
Gunakan gunting berukuran sedang atau kecil untuk mempermudahkan kamu untuk merapikan bulu - bulu yang tumbuh liar dikeempat telapak kaki kucing kamu. 
Rapikan juga bulu - bulu yang ada diluar telapak kaki dan membentuk kaki kucing yang lebih enak untuk dilihat....^^
Bagian kaki yang sudah dirapikan
Dan setelah bulu - bulu itu dirapikan seperti gambar yang diatas.
Kucing kesayangan kamu tidak akan terpeleset lagi jika berlari kencang....#hooorrrraaayyyyy

5. Menyisir bulu
Dari semua fase yang disenangi oleh para kucing aku adalah menyisir bulu - bulu mereka. Ampe guling - guling saking nyaman dan enak...qiqiqi. Tidak perlu usaha ekstra untuk mendiamkan mereka ya...beda sama empat fase yang tadi...keringat ampe bercucuran#halah serius.
Menyisir bulu ini bisa dilakukan setiap hari tidak harus pada saat kamu ingin grooming kucing. Menyisir bulu bisa mencegah bulu menggumpal bagi kucing long hair dan mengurangi bulu - bulu yang rontok karena tidak disisir.
Sisir Khusus Kucing
Gunakan sisir khusus menyisir bulu - bulu kucing kamu. Aku suka menggunakan sisir yang bergagang berwarna merah itu. Kegunaannya bisa mengambil bulu - bulu yang rontok dan mengalirkan oksigen ke dalam bulu - bulu Misty. 
Sedangkan yang bergagang coklat pudar itu biasanya aku gunakan saat memisahkan bulu - bulu kucing sehabis mandi.
Misty yang telah disisir
Kelihatan bulu yang setelah disisr menggunakan gagang yang berwarna merah itu langsung keambil.

Oh iya jangan lupa menggunakan masker setiap kalian meng-grooming. Mencegah bulu - bulu kucing yang berterbangan kehirup...^^.

Ini aktivitas aku sebelum aku memandikan kucing - kucingku. Semuanya dibawa happy aja saat melakukannya. Dengan melakukan hal ini, aku bisa memahami tiap karakter kucing - kucing ku....^^

Baik itu kucing ras atau kucing kampung yang kamu punya. Jika kamu sudah menetapkan hati untuk memeliharanya. Jangan sampai kucing - kucing itu tidak kamu rawat.

Langkah untuk memandikan kucing bisa dibaca Grooming Your Cat Part 2

'Kucing yang bersih adalah kucing yang sehat dan bahagia'

Happy grooming...^^

See You







No comments:

Post a Comment