Tuesday, May 17, 2016

Kenali Ciri - Ciri Kucing Sakit

Hallo...

Selain anjing yang menjadi hewan peliharaan terbanyak di pelihara manusia adalah kucing. Hewan berbulu atau tidak berbulu ini entah bagaimana berhasil menarik hati orang - orang yang melihatnya. Sekedar untuk menggendongnya mau mengelusnya saja. Memiliki hewan peliharaan seperti kucing tentu kamu mengetahui perawatan kucing yang baik dan benar. Terutama mengenai kesehatannya. Namun, terkadang sebagai pemilik kita terkadang sibuk untuk memperhatikan masalah kesehatan kucing kita.

Ciri - ciri yang akan aku paparkan dibawah nanti adalah ciri - ciri umum yang aku temukan pada kucing - kucingku.


01. Kucing kamu lesu dan lemas
     Kamu biasanya mendapati kucing kamu yang ceria dan selalu aktif dalam aktivitasnya. Ini salah satu tanda yang paling bisa kamu lihat sebagai alarm bahwa kamu sedang sakit. Mereka akan menunjukkan dari gerakannya dan terkadang mereka menatapmu lesu dan tidak bersemangat. 

02. Mendadak muntah
    Muntah tidak selamanya bisa dikaitkan bahwa kucing kamu kebanyakan makan. Mungkin bisa dijadikan dipikirkan seperti itu tetapi yang perlu kamu waspadai mungkin ada sesuatu yang terjadi didalam perutnya. Kamu tidak tahu apa yang dia makan sebelumnya karena aku sendiri tidak bisa mengawasi kucing - kucingku makan apa. Yang paling berbahaya dia memakan yang dapat meracuni dirinya.

03. Bulu rontok
      Ini agak susah - susah gampang mengenali kucing kamu sedang sakit jika bulu - bulunya rontok. Kucing biasanya memang mengalami kerontokan bulu seperti rambut kita juga. Jika bulunya rontok masih dalam tahap yang wajar mungkin tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Yang perlu kamu waspadai adalah bulunya mengalami kerontokan diluar kewajaran.
Bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti : kekurangan vitamin untuk membuat bulu - bulunya kuat, makanan yang tidak mencakup banyak vitamin yang dibutuhkan oleh kucing atau disebabkan oleh jamur.

04. Ada benjolan di perutnya
     Ini dialami oleh dua kucingku. Yang satu alhamdulillah sudah sembuh tetapi yang menyedihkan kucingku yang satu lagi tidak berhasil melewatinya. Ini kebanyakan dialami oleh kucing jantan yaitu infeksi kandung kemih. Kamu bisa meraba perut seperti ada benjolan sebesar bola pimpong. Kucing kamu mengalami infeksi kandung kemih.
Tips : untuk tahap pertama kamu bisa memberikan obat pelancar kencingnya. Aku menggunakan geji beling dengan kadar 60 ml air dan setengah bubuk dari geji beling. Kamu bisa memberikannya tiga kali sehari atau jika setelah diberi obat ini, kucing kamu lancar. Kamu cukup memberikannya 1x sehari sampai kucing kamu kecingnya lancar.
Lalu periksa juga sekitar kelamin kucing jantan. Bisa jadi ada bulu - bulu kotor yang menutupinya. Bersihkan bulu - bulu dari kotarannya dengan air hangat, cukup kamu usap - usap sampai bersih dan jika perlu kamu gunting sedikit bulu - bulu diarea itu.
Jangan sampai kucing kamu seperti kucingku karena aku tidak memperhatikan area disekitar itu....TT
Untuk kucing yang terkena penyakit seperti itu kamu harus mengganti makanannya beberapa waktu yang ada kandungan urinary. Untuk kucing jantan kamu perhatikan minuman dan kadar magnesiumnya kurang dari 1%.

05. Menjilati area yang sama
    Kucing memang biasa menjilati berbagai area ditubuhnya untuk tetap bersih dan mengatur suhu tubuhnya. Namun, yang perlu kamu waspadi adalah kucing kamu menjilati area yang sama. Lebih baik segera kamu periksa area yang dijilatinya itu. 

06. Bolak - balik ke litter box
     Ini benar - benar terjadi pada dua kucing jantanku. Mereka bolak - balik ke litter boxnya tetapi tidak ada satu pun yang keluar baik itu pip atau pup. Ada dua indikasinya kucing kamu terinfeksi kandung kemih atau memang pupnya keras. Terkadang kucing kucing kamu menggeram kecil saat tidak bisa mengeluarkan pup atau pip.
Tips : perhatikan terus litter box kucing kamu apakah bersih seharian.

06. Tidak mau makan
      Ini terjadi pada beberapa kucing - kucingku. Mereka yang sebelumnya mau makan lahap lalu tiba - tiba mereka tidak mau makan. Malah makanannya di lepehin...:d. Bisa jadi kucing kamu bosan dengan makanan yang itu - itu aja...#kucingku melakukan itu lho :)).
Tetapi jika makanan sudah kami ganti tetapi tidak mau juga makan. Lagi - lagi kamu harus memeriksa perutnya apakah ada sesuatu yang salah dengan perutnya.
Oh iya aku biasanya memberikan vitamin untuk mengembalikan nafsu makan kucingku dan beberapa menit kemudian mereka minta makan...hehehe.

07. Mengeong memelas
      Kucing bukan seperti manusia yang bisa memberi tahu bahwa kita sedang sakit. Kucing mengeong memelas bukan berarti juga dia kesepian atau merasa terabaikan. Kamu bisa mengenalinya bahwa kucing kamu sedang sakit dari keseluruhan gestur tubuh kucing kamu ditambah dengan suara mengeong memelas. 

08. Mencret
      Ada yang salah dengan sistem pencernaan kucing kamu. Pup kucing normal tidak keras tidak pula lembek. Tapi saat kamu mendapati pup kucing kamu sangat lembek seperti mencret. Ada dua diindikasi kenapa kucing kamu mencret. Pertama, kucing kamu stress dan yang kedua, apa yang dia makan sebelumnya.

Dengan mengenali ciri - ciri diatas, kamu bisa mengobati kucingmu lebih cepat dan segeralah menemui dokter hewan untuk mengetahui penyebab pasti kucingmu sakit.

Semoga kucing kamu sehat dan bahagia terus

See you...^^


No comments:

Post a Comment