Tuesday, May 17, 2016

Penyakit yang sering menyerang kucing

Hallo...


Salah satu kekhawatiranku sebagai pemilik kucing adalah kucing - kucingku sakit. Terlepas itu membutuhkan biaya...#faktor utama selain itu rasa khawatir penyakit seperti apa yang sedang menyerang kucing kesayanganku ini. Sebagai pemilik kucing tentu aku sama sekali tidak ingin kucing mengalami sakit dan aku selalu khawatir mengarah kearah paranoid jika kucing - kucingku yang biasanya ceria mendadak tidak bersikap ceria seperti biasanya. Kamu bisa membaca kenali ciri - ciri kucingmu sakit.


Dari pengalamanku memelihara kucing ada beberapa penyakit umum yang sering menyerang kucing - kucingku. Aku tidak berusaha membenarkan bahwa aku adalah pemilik kucing yang baik tetapi ada beberapa penyebab kucingku atau kamu terserang penyakit seperti yang dibawah ini :

01. Muntah

Terkadang aku sebagai pemilik aku menanggap kucingku muntah adalah hal yang sangat biasa terjadi. Aku sering menemukan muntah bulu dikandang atau dilantai sekitar rumahku. Tetapi yang membuatku lebih cemas adalah saat dia memuntah makanan yang baru dimakannya atau semalam. Kamu, kita atau aku tidak bisa menganggap muntahan makanan ini sebagai hal yang biasa atau menganggap dia kekenyangan...#aku terkadang berpikir seperti ini. Namun, pernahkah kamu berpikir kucingmu mengalami sakit yang mungkin tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya.
Muntah yang terkadang dilakukan kucing - kucingku :
  • Bila kucingmu muntah seperti makanan yang sudah dimakannya bisa jadi kucing kamu keracunan makanan atau memang dia kekenyangan. 
  • Muntah bulu/hairball.
Penyakit muntah kucing yang disebabkan oleh beberapa faktor : 
  • Radang didalam usus : muntah lendir berlebih yang bisa berwarna bening atau tidak tergantung tingkat radangnya 
  • Muntah cairan empedu berwarna hijau bisa jadi kucing kamu menderita inflamasi usus atau pankrearitis 
  • Muntah yang keluar berupa darah segar bisa kemungkinan ada masalah dilambung kucingmu 
  • Muntah darah berwarna coklat terjadi masalah di usus 
  • Muntah diiringi cacing, kucing kamu terinfeksi cacing 
  • Muntah berbusa dan berwarna kuning, ada masalah di hati 
  • Kerongkongan kucing kamu bengkak bisa menyebabkan kucing kamu juga muntah 
Penyakit diatas aku mendapatkannya dari berbagai sumber untuk kamu yang ingin mengetahui penyakit dari yang serius dan ringan. Diluar pengetahuanku yang tidak paham akan penyakit - penyakit serius kucing ini kamu sebaik menghubungi dokter hewan dan tanda - tandanya mungkin bisa dijadikan patokan saat kamu menjelaskan ciri - ciri sakit kucing kamu.

02. Infeksi saluran kandungan kemih
Yang aku tahu sebagai pemilik kucing dan dari informasi dokter yang pernah menangani kucing - kucingku. Kebanyakan infeksi ini menyerang kucing jantan walau betina juga bisa mengalaminya namun jarang terjadi. Infeksi ini menyebabkan kucing kamu tidak bisa pipis seperti biasanya. 

Pada awalnya kamu mungkin tidak akan menyadari kucing kamu mulai mengalami gejala penyakit ini. Jika kamu yang membersihkan litter box kucing kamu. Kamu bisa mengenalinya, jumlah sedikit atau banyaknya kucing kamu pipis. dan aku sebagai pemilik sering menyadarinya saat kucingku tidak bisa pipis lagi. Ini kondisi yang sudah membahayakan dari pengalaman salah satu kucingku yang tidak bisa melewatinya adalah kondisi yang paling parah kucing kamu tidak akan bisa berjalan lagi lalu lama - lama kelamaan kucing kamu akan meninggal...#aku selalu menyesal

Tips : 
  • untuk tahap pertama kamu bisa memberikan obat pelancar kencingnya. Aku menggunakan geji beling dengan kadar 60 ml air dan setengah bubuk dari geji beling. Kamu bisa memberikannya tiga kali sehari atau jika setelah diberi obat ini, kucing kamu lancar. Kamu cukup memberikannya 1x sehari sampai kucing kamu kecingnya lancar. 
  • Lalu periksa juga sekitar kelamin kucing jantan. Bisa jadi ada bulu - bulu kotor yang menutupinya. Bersihkan bulu - bulu dari kotarannya dengan air hangat, cukup kamu usap - usap sampai bersih dan jika perlu kamu gunting sedikit bulu - bulu diarea itu. 
03. Cacingan

Ini harus kamu perhatikan saat kamu akan memelihara seekor kucing atau sudah memeliharanya. Kucing yang cacingan bisa menyebabkan kucing kamu tidak nafsu makan, lesu, haus, dll. Yang paling gambang untuk kamu mengenalinya adalah dengan perut kucing kamu buncit bukan karena kekenyangan :D dan nafsu makan kucing kamu besar tetapi tidak gemuk. 

Tips : 
  • kamu bisa memberikan obat cacing seperti drontal. Beri kucing kamu teratur obat cacing ini hingga cacing tidak bersarang lagi diperutnya.
04. Jamur

Penyakit bisa menyebabkan bulu kucing kamu rontok dan mengalami kebotakan yang parah. Jamur ini biasanya berkembang biak diaerah sekitar lipatan kulit kucing, telinga, dan ekor namun bisa juga menyerang ditempat lain. Jamur ini tumbuh disebebkan oleh kondisi bulu kucing kamu yang lembab karena kamu tidak mengeringkan kucing kamu dengan benar, kucing kamu yang jarang mandi matahari pagi. Tetapi yang paling umum adalah kondisi bulu lembab.

Tips :
  • Sering - seringlah kucing kamu dimandikan dengan sampo khusus jamur misal 3 kali seminggu atau seminggu sekali. Sampai jamur ditubuh kucing kamu menghilang. Untuk perawatan kamu bisa melakukan mandi 1 x sebulan. 
  • Jemur kucing kamu setiap pagi diantara jam 7 sampai jam 8 pagi 
  • Beri salep khusus jamur untuk kucing 
  • Bersihkan kandang karena jamur bisa berkembang biak dikandang apalagi kondisi kandang kucing kamu berada ditempat yang lembab. 
05. Kutu

Penyakit ini hampir berdampingan dengan jamur yang menyebabkan bulu rontok. Coba periksa seluruh tubuh kucing kamu jika tidak ditemukan jamur yang berkembang. Sangat mungkin kucing kamu diserang kutu. Selain bulu rontoh, kucing kamu juga sering menggaruk - garuk dibagian yang sama terkadang diiringi oleh suara meong yang keras. Kutu bisa menyerang seluruh bagian tubuh kucing dan termasuk telinga kucing kamu yang disebut ear mite. Jika kondisi dibiarkan terus seperti ini bukan kucing kamu yang gemuk melainkan kutu - kutu yang bersarang di tubuh kucing kamu.

Tips :
  • Sering - seringlah kucing kamu dimandikan jamur khusus kutu misal 3 kali seminggu atau seminggu sekali. Sampai kutu ditubuh kucing kamu menghilang. Untuk perawatan kamu bisa melakukan mandi 1 x sebulan. 
  • Jemur kucing kamu setiap pagi diantara jam 7 sampai jam 8 pagi 
  • Beri obat khusus kutu seperti frontline, revolution 
  • Untuk ear mite, usahakan kamu rutin untuk membersihkan telinga kucing kamu dari kotoran lalu berikan obat tetes telinga khusus ear mite 
06. Infeksi/radang mata

Mata adalah salah satu panca indra yang penting bagi seekor kucing. Mata ini digunakan untuk melihat mangsa dimalam hari dan untuk mengincar sesuatu yang dianggapnya itu sesuatu yang bisa dimakan. Jika mata kucing kamu terinfkesi, maka kucing kamu tidak akan nyaman melihat segala sesuatunya. Ciri - cirinya, mata kucing kamu memerah, mengeluarkan kotoran mata diluar yang sewajarnya, dll. Yang sering aku temukan pada salah satu kucingku adalah kotoran mata yang banyak dan matanya bengkak.

Ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Yang paling umum adalah saat kucing kamu mengais - ngais pasir litter box dan tidak sengaja pasir itu masuk ke dalam matanya.

Tips : 
  • Bersihkan mata kucing kamu dari kotoran yang menempel disekitar matanya dengan air hangat 
  • Teteskan obat mata khusus kucing atau yang mengandung terramycine atau gentamycin. Teteskan 3 x sehari atau tergantung seberapa parah tingkat radangnya 
  • Obat salep khusus untuk mata yang mengandung terramycine atau gentmycin.  
Saran terbaik adalah hubungi dokter hewan 

Aku bukan ahli dalam penanganan penyakit kucing atau mengetahui cara yang terbaik dalam mengetahui penyakit kucing. Aku juga bukan pemula dalam penyakit umum yang menyerang kucing - kucingku. Aku memberikan informasi berdasarkan pengalamanku dan mencari informasi dari berbagai sumber yang tersebar di net serta forum - forum kucing yang khusus menyediakan informasi untukku.






Semoga membantu






See you...^^



No comments:

Post a Comment